Salamology: SALAM Awards 2011

09Mar11

Assalamu ‘alaikum warrahmatullahi wabarokatuh.

Alhamdulillahirobil ‘alamin.  SALAM Awards 2011 di anugerahkan kepada 7 orang.  Ini di umumkan pada 2 Maret 2011 di Masjid Kampus UGM, dengan Pidato Penganugerahan: SALAM Awards 2011, Perkembangan Salamologi: Pakem Evolusi Alam, Mekah Pusat Pangea, Semua Benda Tawaf.  Berikut nama-nama dengan sebagian jabatan singkatnya yang penah di emban (tidak semua sedang di embannya) :

1.Prof. Dr. Adi Soesanto. Fisika, Fak Teknik Elektro, UGM.

Mengawali kuliah Jurusan Fisika angkatan th 1958, FIPA “Fakultas Ilmu Pasti Alam” UGM, dan lulus th 1964. Melanjutkan master di UC “University California” di Davis 1964-1966, lalu mendirikan Jurusan Teknik Elektro, UGM, serta menjadi dosen di situ. Pendidikan Doktor di laluinya th 1981-1986 di UC Davis. Pernah menjabat Dekan FT UGM, juga pernah menjabat Rektor di Universitas Janabadra, Yogyakarta.

2.Drs. Djajeng Soegito, B.Sc. Matematika, Filsafat, Pengelola Yayasan Hamong Putra, Rektor Universitas Janabadra, DPRD-I, DPRD-II, BPH Bupati Sleman.

Amat banyak waktu beliau dalam menyebarkan ilmu. Masuk jurusan Teknik Sipil angkatan 1952 Fak Teknik UGM. Pengembangan Fak Teknik menjadi ada FIPA “Fakultas Ilmu Pasti Alam”  1955, maka beliau mengambil jurusan Matematika. Gelar  Sarjana Muda (B.Sc.) di sandangnya sejak 1955. Pengabdian menjadi guru 1954-2004, lalu sebagian besarnya menjadi Ketua Yasayan Hamong Putra Pakem, Sleman, Yogyakarta. Yayasan ini menyelenggarakan SMP, SMA, SMEA, SPG, dan STM, yg hingga kini telah ribuan murid alumninya.  1967- 1969 menjabat BPH “Badan Pemerintah Harian” Bupati Kabupaten Sleman Yogyakarta. 1969-1974 DPR Kabupaten Sleman. 1974-1979 Ketua PNI Sleman. 1976-1983 Mahasiswa Jurusan Filsafat UGM dan di sandang  gelar Drs pada th 1983. 1983-1997 Dosen Filsafat Universitas Janabadra Yogyakarta. 1983-1987 Pembantu Rektor III Universitas Janabadra. 1989-1992 Pembantu Rektor I. 1992-1995 Pejabat Rektor Universitas Janabadra  (Ini karena ada falsafah baru untuk tidak merangkap jabatan, dan Rektor Bpk Sudariswan Poerwakoesoema  tidak mau merangkap jabatan-jabatan, menghindari menjadi Rektor dan memusatkan menjabat Walikota Kodya Yogyakarta).  1999-2004 DPRD Tingkat I Yogyakarta. Rumah: Sanggrahan, Pakem Binangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Putra Sekertaris Desa Harjo Binangun, Pakem ini adalah sulung dari 10 bersaudara. Keluarga besar ini semua sarjana UGM, termasuk 4 dokter, ekonomi, filsafat, hukum, dll. Beristri RA “Raden Ayu” Sri Widiyatun cucu dan di percaya mengelola satu diantara warisan KGPA “Kanjeng Gusti Pangeran Adipati” Mangkubumi. (KGPA ini putra NgDSSDISK “Ngarso Dalem Sinuhun Sampeyan Dalem Ingkang Sinuhun Kanjeng” Hamongku Buwana ke-VI Raja Mataram Yogyakarta). Warisan Sanggrahan (“peristirahatan kraton”) di bangun  sekitar th 1870an adalah awal mula Kecamatan Pakem dan Kabupaten Sleman Utara. Sanggrahan adalah tempat istirahat, tempat membuat banyak falsafah Mataram, pakem-pakem pewayangan beserta “tonil (panggung drama)”nya, juga pakem jalan hidup manusia. Di antara pakemnya untuk ke surga : ilmu bermanfaat, harga berguna, dan doa anak kpd orang tua. Dasar itu ada pakem pendidikan.  Maka mengadakan pendidikan SD sampai SLA Hamong Putra tadi. Hamongku Buwono IX banyak “mesanggrah (rekreasi, istirahat, menyepi)” di Sanggrahan Pakem karena Ibu beliau banyak tinggal di situ. HB IX lahirkan pendidikan, sumbangkan 350 Ha tanah Bulaksumur dan gunakan semua gedung keraton untuk UGM. UGM Lahirkan pendidikan seluruh atau kebanyakan perguruan di Indonesia. Juga amat banyaklah peranan HB IX untuk Indonesia merdeka.  Warisan KGPA Mangkubumi lain yg juga untuk pendidikan, adalah Kompleks Jetis, Yogyakarta. Ini sebagai tempat SD, SLTP, SLA (9 STM), Kampus awal Jurusan Geologi UGM 1949-1990 an, juga Kodim. Juga Rumah Mangkubumi untuk awal rumahsakit (menjadi RS Sarjito) dan tempat kuliah awal UGM (Filsafat, Kedoktrearn, antropobiologi). Moto Pak Djajeng: Orang desa bisa menjadi amat maju, bila mau belajar , dan niatkanlah mencapai derajad setinggi-tingginya.

3.Ir. Respati. Kimia, FMIPA, UGM.

Putra Solo ini masuk Jurusan Teknologi (lalu berkembang menjadi Teknik Kimia), UGM 1954. Lulus th 1961 lalu terus mengabdikan diri menjadi dosen Jurusan Kimia FIPA UGM hingga pensiunnya 1999. Ketua Jurusan Kimia juga pernah di embannya. Dan 5 th terakhir sebelum pensiun, beliau juga menjadi dosen UII “Universitas Islam Indonesia”, UMS “Universitas Muhammadiyah Surakarta”. Tinggal di Komplek UGM Blok M7A, Sendowo, Yogyakarta.

 4.Prof. Dr. Soemadji. Fisika, UGM, UNY.

Dengan usia 84 th yang tak terlihat setua itu, beliau adalah angkatan 1948 pada Akademi Teknik Yogyakarta (Yang bergabung menjadi UGM 19 Deseber 1949). Terus menjadi dosen UGM, maka ketika Fakultas Pedagodgik menjadi IKIP Yogyakarta, beliau mengajar Fakultas Pendidikan Ilmu Eksata. Dengan terpenuhi kebutuhan guru SD-SLA, maka IKIP Yogyakarta menjadi UNY “Universitas Negri Yogyakarta.  

5.Prof. Dr. Soemantri. Matematika, FMIPA UGM.

Putra Jogja dengan fasih berbahasa jawa tinggi ini, banyak mengabdi pada pendidikan. Angkatan 1956 Jurusan Matematika FIPA UGM, dan seterusnya menjadi dosen FMIPA UGM. Telah dua masa Dekan di jabatnya. Beliau juga dosen Universitas Sanatha Dharma, Yogyakarta.

 6.Dra. Umi Nastiti.Filsafat, UNDIP, UGM.

Mengawali kuliah di th 1954 pada Jurusan Filsfat Fakultas Sastra, Pedagogik dan Filsafat, UGM. Tempat kuliah di Sitinggil Dwi Abad (Kawasan Kraton Mataram Jogja), Gedung Mangkubumen, Pakuningratan (Jetis), juga Bulaksumur. Lulus th 1963, lalu mengajar IKIP Surakarta ( sebagai cabang UNDIP Semarang). Menjadi dekan Fakultas Ilmu Pendidikan, UNDIP. Th 1968 di minta kembali ke almamater, mengajar pelajaran Filsafat terutama di Fak Filsafat, namun juga berbagai Fakultas UGM.  Amat sering mengajar WanHanKamNas di JKT 3 bulan sekali. Pernah menjabat Dekan. Amat kuat, banyak mempelajari filsafat Barat, juga menggabungkan dengan banyak  aliran agama dunia, termasuk Filsafat Pancasila. Kesannya: Orang FIPA lebih mudah mendapat nilai tinggi dalam hal filsafat, di banding jurusan lainnya.

 7.Prof. Dr. Wasilah Rahmah. Kedokteran, UGM.

Sesepuh Kedokeran UGM, Prof Dr. Wasilah Rahmah ini, memulai kuliah di Fak Kedokteran UGM th 1959. Kuliah di Gedung Mangkubumen, yang juga Rumah Sakit Mangkubumen (cikal bakal RS Sardjito) ini, beliau lulus dokter 1965. Menjadi dosen FK UGM, spesialis Internist, dan Konsultan Geriatri (pengobatan usia lanjut). Masih terus praktek dokter, dan Profesor emeritus, Ibu ini banyak melanglang buwana ke Eropa, Asia, Amerika.  Sangat dermawan, merintis Rumah Pemelihara Usia Lanjut di Jln Parangtristis, Yogyakarta. Telah  ada lahan 2000 m2 dan bangunan di sediakan secara pribadi, dengan jangkauan 2 ha akan di bangunnya.  Mengharapkan ini menjadi Rumah percontohan Pemeliharaan, Pengobatan, Perawatan Orang Tua di Indonesia.

SALAM Awards 2011, adalah Penganugerahan tahunan ke-5. Naik terus, mulai th 2007, adalah sejumlah 2, 2, 7, 14, dimana jumlahnya seluruhnya masing-masing Rp. 1.000,000,00 (satu juta rupiah, dan th 2011 adalah Rp. 2.000.000,00 (dua juta rupiah).  Hingga kini sudah 32 orang, dengan variasi sbb:  3 S1, 7 S2, 22 S3. 17 Profesor. 8 Rektor. Bidang mencakup: Fisika, Matematika, Kimia, Filsafat, Geofisika, Geologi, Astronomi, Fisika Nuklir, Geodesi, Farmasi, Teknologi Pertanian, Teknik Elektro, dan Kedokteran, dll.. Sering kalau sudah Profesor, maka bidangnya tak hanya satu, dan bisa di sebut multi-profesi. Banyak yang sudah di-unify dari banyak versi-versi. Sehingga “universitity” sudah sangat lebar. Hadiah ini adalah atas kesyukuran kami mendapat Salamology. Ilmu Salamologi ni adalah unify dari banyak versi-versi, dan tertuang pada “Masmar Salam University”. Semoga Allah selalu melimpahkah rahmatNya kepada kita semua, dan semua amal akan di balasi surga. Amin.

Wassalam.

Sempol, Harjo Biangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, 8 Maret 2011.

Maryanto,

Pengusul Salamologi.

*******777.777.7*******

Penerima SALAM Awards 2007-2010:

2007 :

1. Prof. Dr. Ir. R.P. Koesoemadinata, Geologiwan, ITB

2. Prof. Dr. Ir. Muhammad Untung, Geofisikawan, PSG, Bandung.

2008:

1. Prof. Dr. Ir. Mudaham Taufik Zen, Geofisikawan, ITB

2. Ir. Wartono Rahardjo, Geologiawan, UGM

2009:

1. Prof. Dr. Bambang Prathisto, Geologiawan, Purek UPN,

2. Dr. Herman Mochtar, Geologiawan, PSG, Bandung.

3. Prof. Dr. Jakub Rais, Geodesi, Rektor UNDIP, desn UI

4. Prof. Dr. Kirbani Sri Brotopuspito, Geofisikawan, UGM

5. Prof. Dr. Kusminarto, Fisikawan, dosen UGM

6. Dr. Mudji Raharto, Astronomist, dosen ITB

7. Prof. Dr. Suprajitno Munadi, geofisikawan Lemigas, dosen UI

2010:

1. Prof. Dr. Achmad Mursyidi, M.Sc. Apoteker.

     Apoteker, Dosen Farmasi UGM, Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Dosen Universitas Islam Indonesia.

2. Prof. Dr. Ir. H. Budi Santoso, M.Sc. APU (KRT. Padmokusumo).

     Fisikawan, Direktur BATAN “Badan Tenaga Atom Nasional” Yogyakarta, Dosen-Rektor Universitas Nasional Jakarta.

3. Dr. Drs. Chairil Anwar, M.Sc.

     Kimiawan, Dosen Kimia, Dekan FMIPA UGM.

4. Prof. Dr. Drs. Dadang Iskandar, M.Sc.

     Fisikawan, Dosen-Purek Universitas Negri Riau

5. Drs. Dimsiki Hadi

     Fisikawan, Dosen fisika FMIPA UGM

6. Drs. Guntur Maruto, S.U.

     Fisikawan, Dosen Fisika FMIPA UGM

7. Ir. Marno Datun

     Gelogiawan, Dosen Geologi Teknik Geologi UGM

8. Prof. Dr. Ir. Mochamad Adnan, M.Sc.

     Tehnologi Pertanian, Rektor ke-8 UGM, Rektor Universitas Wangsa Manggala, Yogyakarta.

9. Dr. Drs.Mochamad Ali Joko Wasono, M.Sc.

     Fisikawan, Dosen Fisika FMIPA UGM

10. Prof. Dr. Pramudita Anggraita, M.Sc.

      Fisikawan, Direktur BATAN “Badan Tenaga Atom Nasional”, Yogyakarta,

11. Dra. Retno Wikan Tyasning Adnan

       Mathematikawati, Dosen Mathematika, FMIPA UGM.

12. Drs. Waluyo, M.Sc., Ph.d

      Geofisikawan, Dosen geofisika FMIPA UGM

13. Drs. Widodo Priyodiprojo, M.Sc.E.E.

      Fisikawan, Dosen Fisiaka FMIPA UGM

14. Dra. Zahara Muslim, M.Sc.

       Fisikawan, ahli reaktor nuklir, Dosen Fisika FMIPA UGM.

Advertisements


No Responses Yet to “Salamology: SALAM Awards 2011”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: