Salam Awards 2012

18Mar13

Pidato Penganugerahan “Maryanto’s Salam Awards 2012”

SALAMOLOGY, EVOLUSI BUMI-ALAM, MASMAR SALAM THEORY,  SAGET “SIMPLE ALGORITHM OF THE GRAND EVOLUTION THEORY”

Lokasi: Ruang Pertemuan di Jurusan Fisika, UGM, Sekip Unit IV, Yogyakarta.

Oleh: Maryanto, 9 Maret 2012.

Assalamu ‘alaikum warrahmatulahi wabarokatuh.

A’udzubilahiminas syaiton nirajim. Bismillahir rahmaanir rahiim. Segala puji bagi Allah, Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Alhamdulillahi rabbil ‘alamin.

Ketua Jurusan Fisika FMIPA UGM Dr. Ari Setiawan, penerima Salam Awards 2007-2012, para dosen Jurusan Fisika UGM, PuRek UI, Keluarga Mas MAR (Bpk. Marto Utomo dan putra-putrinya :  Mas Marijo, Mas Margono, Maryanto, Adimasayu Minuk Maryanti, dan 3 lainnya), beserta istri-suami-nya dan anaknya, serta hadirin:   

Terimakasih atas kehadirannya dalam memberikan waktu Penganugerahan Salam Awards 2012 di Ruang Pertemuan Jursuan Fisika, UGM, Yogyakarta ini. Salam Awards adalah kesyukuran kami kepada Allah SWT atas segala nikmat, termasuk nikmat mendapatkan “Salamology”. Ilmu ini adalah atas amal “sedekah ilmu” para dosen UGM, dan FMIPA khususnya. Telah ribuan mahasiswa yang juga sukses atas jasa para pendidik  memberikan “ilmu yang bermanfa’at”. Semoga semua amal di ganjar surga kelak.  

Perkenalkan saya, nama Maryanto, lahir di Sempol, Harjo Binangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, th 1959. Kuliah Fisika UGM th 1977-1985,  seksi Geofisika. Lalu bekerja di Caltex (yg kini bernama Chevron) 26 tahun, Kuliah Master Teknik Geologi ITB 2001-2003. Kami ingin memberikan ringkasan  Salamology, sbb.:

1. Ummul Qura, Mekah, Pusat Pangea.

Gambar 1: Mekah berkemungkinan besar sebagai Pusat Pangea: https://salamology.files.wordpress.com/2008/10/aan.jpg

Pada kursus Stuktur Geologi th 2000, saya mendapat satu lembar peta massa PermianTriassik, 200 Maa “Million annum ago”, bahwa semua benua di permukaan Bumi ini sa’at itu adalah satu Benua. Benua itu d sebut Pangea, menempati 30 % permukaan Bumi, dan 70 % lainnya sebagai laut (Phantalassa).  Peta itu ringkasan 4 ahli : Alfred Wagener (1912), Carrey (1945), Holden-Dietsz (1970). Peta ini  memperlihatkan satu benua Pangea, yang himesphernya di Timut Tengah. Pusat ini adalah berturut-turut di Aswan, Riyad, Laut Thetis. Johnson 1998, tunjukkan lingkaran yg saya sebut AAN “Antiklin Arabian-Nubian”, yang pusatnya berumur Archean (masa 3000 Maa), dan jarak pendeknya berumur 500 Maa.

Quran Surat Asy Syuuraa [42:7]:  “Wa kaa dzaalika auhainaa ilaika qur-aanan “arrabiyyal li tundzira ummal quraa wa man haulahaa wa tundzira yaumal jam’i la raaiba fiihi fariiqun fil jannati wa fariiqun fis sa’iir.” “Demikianlah Kami wahyukan kepadamu Al Qur’an dalam bahasa Arab, supaya kamu memberi peringatan kepada (penduduk) “Ummul Qura” (ibu negeri, Mekah) dan penduduk (negeri-negeri) sekelilingnya serta memberi peringatan (pula) tentang hari berkumpul (Kiamat) yang tidak ada keraguan padanya, segolongan dalam surga dan segolongan (lagi) dalam neraka”.

Kata Umul Qura itu, saya anjurkan di terjemahkan sebagai Ibu daratan – Pusat Pangea, ada sumbu Pusat Laut (Fiji) ke pusat Bumi, lalu ke Pusat Daratan (Mekah), keduanya sumbu pusaran.

Setengah tahun setelah melihat peta itu, saya kuliah Teknik Geologi ITB 2001-2003. Saya perlu tahu sejarah Bumi, yakni Geologic Time Scale. Amat sulit hafal nama-nama, dan ternyata ada pemudahan menghafalnya. Ini terlihat dari umur-umur bumi, bisa sederhanya dengan siklus Alam yang Sinusoidal berpereode 700 Ma “Era”, 70 Ma “Period”, dan 7 Ma “Stage”.  Berturut-turut “Era” tadi, sejak 4600 Maa (terbentuknya Bumi), lalu berkurang 700 Ma adalah : 1. Hadean 2. Archean Early-Mid, 3. Archean Late, 4. Proterozoic Early, 5. Proterozoic Mid, 6. Proterozoic Late, dan  7. PaleozoicMessozoic-Cennozoic. “Period” itu, sejak 557 Maa, lalu berkurang 70 Ma, berturut-turut adalah: Cambrium, Ordovician, SilurDevon, Carboniferous, PermianTriassk, Jurassik, Cretaceous, dan Cenozoic. Lalu “Stage”, selalu menempati 10 pada setiap “Period”.

Sebulan pertama kuliah, kami dapatkan itu, lalu dugakan ada siklus satuan tahun 7×10^n: 7, 70, 700, 7K, 70K, 700 K, 7 M, 70 M, 700 M, 7 G, dan 70 G. Ini saya sebut siklus Major. Hanya dalam setengah tahun kemudian, saya mendapatkan data empiris alam, di mana setiap siklus tersebut, telah mempunyai korelasi empiris besaran Alam sebesar lebih besar 90 %. Atau kalau semua data standar deviasi pengukuran data empirisnya di pakai, maka semua siklus itu mempunyai korelasi 100 %. Atau, keberadaan siklus itu di Alam adalah 100 %. Lalu namakan siklus Minor adalah  : satu tahun, satu bulan, satu minggu, dan satu hari. Siklus major-minor ini lalu saya sebut Siklus SALAM “Seven to the nth power of ten Annum Long of Age and Minor” Cycle. Darinya lalu di buat Kalender Salam, Seperti gambar ini. Ini adalah kalender sepanjang Siklus 70 Giga annum. Merupakan sejarah Alam sejak terbentuknya Alam, Big-Bang 18,6 Gaa “Giga annum ago”, terbentunya Galaksi 11.6 Gaa, terbentunya Tatasurya (Bumi) 4.6 Gaa, lalu tumbukan Galaksi Bimasakti-Andromeda 2.4 Gaf “Giga annum future” ( kemungkinan Kiamat), serta 49 Giga tahun lamanya neraka-surga. Lalu di buatlah Kalender Salam (gambar 2).

2. Kalender Salam.

Gambar 2: Kalender Salam. https://salamology.files.wordpress.com/2008/10/calsalam.jpg

Kalender sepanjang 70 Ga, sejak Big Bang (18.617.394.381 BC), hingga  51.382.606.619 AD. Interval kotak merah di setiap grafik, di perbesar pada grafik kanannya. Setiap grafik untuk suatu Periode dengan satu/dua periode lebih kecilnya: a. 70 Ga, b. 7 Ga, c. 700 Ma, d. 70 Ma, e. 7 Ma, f. 700 Ka, g. 70 Ka, h. 7 Ka, i. 700 a, dan j. 70 a. Angka-angka berada pada zcu “zero cross up”. Bumi, selain berotasi sehari-semalam dan berevolosi sekali pertahun, maka Bumi relatif terhadap Matahari bergerak spiral dengan Lintasan SALAM. Dengan pertambahan waktu (bergerak ke atas pada grafik), dan bila harga SALAM mengecil (skala kearah kiri pembaca) serta membesar (kearah kanan pembaca), berhubungan dengan harga: paleomagnetik menguat-melemah, jarak Bumi-Matahari rata-rata pertahun memendek-memanjang, temperatur Bumi meninggi-merendah, jari-jari Bumi memanjang-memendek, permukan Bumi meluas-menyempit, lithosfer ekstensi-kompresi, muka laut naik-turun, jari-jari Pangea memanjang-memendek, cekungan meluas-menyempit, suatu lokasinya bergerak ke arah laut-darat, transgresi-regresi, kontinental (relatif terhadap muka laut) adalah turun-naik, curah hujan mengecilmembesar, kelembaban merendah-meninggi, besar butir sedimen mengecil-membesar, porositas mengecilmembesar, potensi batuan-induk sedimen membesar-mengecil, ketebalan lapisan menipis-menebal, volume lapisan menyusut-menambah, hingga kini jumlah biota spesies dalam suatu famili semakin banyak –semakin sedikit, ekonomi melemah-menguat, bunga bank mengecil-membesar, inflasi menurun-menaik, dll.

3. Tujuan Alam Adalah “Salam”

QS Yasin [36:57-58]: Di Surga, mereka memperoleh buah-buahan dan memperoleh apa yang di minta. Salam adalah ucapan Tuhan Yang Maha Penyayang.

Ayat diatas memperlihatkan bahwa tujuan hidup manusia adalah surga, dan manusia mendapatkan ucapan “salam” langsung dari Allah SWT. Salam adalah ucapan pertama setiap orang saling ketemu, dan saling mendo’akannya. Tingginya arti salam tadi, maka kami pakai “salam” sebagai ilmu kami. Ini dari Teori Salam, Ilmu Salam, Salam+logi menjadi Salamology. 

Collins 2003, perlihatkan evolusi semua benua sejak 500 Maa hingga kini. Belia menyebutkan bahwa hanya ada dua “super-plume”, yakni di “Dekat Afar (ujung selatan Laut Merah), dan pusat  di Tonga, negara Fiji di Pasifik Selatan.  Dari sini saya artikan, Mekah selalu di tengah Pangea. Dan berpasangan dengan Tonga yang selalu pusat Phanthalassa.  Masa 500 Maa itu, maka Mekah berada di posisi koordinat kini sebagai Australia. Sejak 500 Maa itu, Mekah bergerak setengah lingkaran,  memutari Pusat M(50 derajad E, 0 North). Umur Bumi sudah 4,6 Maa, akan 7 Ga.  Kalau 7 Ga, semua umur Bumi, maka Mekah akan bergerak melingkar, memutari titik M itu, serah jarum jam, sebesar 7 kali putaran. Ini saya sebut Gerak SEMPOL “Seven clockwise rotation Evolving Mass Pangea Over 7 giga annum Long”. Matahari, yang berada di Katulistiwanya Bumi, dan dengan Gerak SEMPOL itu, bisa di anggap Bumi diam, dan Matahari berputar 7 kali, berlawanan arah jarum jam. Ini seperti tawaf: mengitari  Mekah, 7 kali putaran dengan arah berlawanan jarum jam.   Alam berupa cakam (Natinal Geographic, 1983). Semua benda ada di katulistiwanya Bumi. Bumi setiap hari memutar, menghadap emua benda alam itu. Dengan Gerak SEMPOL, maka semua benda itu, seakan berputar 7 kali putaran, kelilingi Mekah, sekali seumur Bumi, dan sesuai dengan gerak Tawaf. Mekah selalu berada di pusat semua Benua di muka Bumi sejak terbentuknya Bumi 4.6 Gaa, dan akan sampai semua umur 7 Ga. Semua benda angksa tawaf ke Mekah.

4. Ukuran Jasat, Benda, Partikel, Planet, Jagadraya.

Kami amat “surprise”, bahwa dengan satuan meter, maka ada siklus jarak 700 m, 7 km, 70 km, 700 km. Lalu kami dugakan ada siklus 7×10”n meter. Ternyata diamater benda adaah sbb 7×10^n, untuk n berturut turut = 28 Jagadraya, 21 Galaksi, 14 Tatasurya, 07 Bumi, 0 Manusia, -07 gene, -14 nuclei, -21 ?, -28 ?, -35 Konstanta Planck, -42 jarak terdekat gaya gravitasi. Dalam ukuran Universe kini 10^+28 itu, maka terkecil hingga terbesar adalah dikalikan 10^70 kali. Itu saya dugakan sebagai Langit-1. Lalu langit ke: 2, 3, 4, 5 dan 6, maka saya tambahkan masing-masing 10^70. Langit 7 adalah 10^448 meter.

Ukuran butir benda, ternyata sebesar (0.3 sampai 3)x10^n  meter. Berlakulah ukuran benda berturut-turut  n= 0 Boulder (bongkah), -1 kerakal, -2 kerikil, -3 pasir kasar, -4 pasir halus, -5 lanau, dan -6 adalah lempung. Satu ekosistem ukuran lalu di definisikan sebagai (0.3-3)x10^n. Satu ekosistem menurut n saya sebut PAKEM “Physical Arrangement Knowledge on Ecosystem of  mass size in Meter”. PakemE+n.  Misal Pakem+000, berarti Kosmos ukuran butir 0.3-3 meter. Iin termasuk manusia yang minimum bayi ukuran 30 cm, dan paling bear  2,7 meter, yang mendekati 3m.

Percobaan CERN Perancis 2010, perlihatkan Neutrino yang berkecepatan lebih besar dari pada c=(3.10^8 m/s). Malaikat di bat dari nur. Jin dari “naar”,  kemungkinan keduanya tak tergantung gravitasi lagi, yang mungkin berukuran kurang dari 10^-42 m, berkeceapatan lebih besar dari c. Ruh, yang berakar kata dengan ilmu, mempunyai kecepatan tang berhingga. Di surga, dengan niat saja, maka ruh akan samapi. Pun, jangkaun ilmu, yang dunia terluar 18 Giga tahun cahaya, akan tercapai dalam sekejap juga oleh ilmu manusia.

Ilmu Sosial banyak di maknai sebagi bukan “ilmu pasti”. Sebenarnya Ilmu Sosial (hanyalah) berarti hubungan manusia dengan manusia lain, dan manusia dengan lingkungannya. Ini ya di alam juga. Jadi sosial juga ilmu alam yang pasti. Bukankah semua di alam adalah berukuran ?

  • QS Al Qamar [54:49]: Sesungguhnya Kami menciptakan segala sesuatu (di Alam) menurut ukuran (yang pasti).
  • QS Al Hijir [15:21]: Dan  tidak ada  sesuatupun melainkan  pada sisi Kami-lah khazanahnya dan Kami  tidak menurunkannya  melainkan dengan ukuran yang tertentu.
  • QS Al Hijir [15:19]: Dan Kami telah menghamparkan bumi dan menjadikan padanya gunung-gunung dan  Kami tumbuhkan  padanya  segala  sesuatu menurut ukuran.
  • QS Asy Syuura {42:27]: Dan jikalau Allah melapangkan  rezki  kepada  hamba-hamba-Nya  tentulah mereka  akan  melampaui  batas di muka bumi, tetapi Allah menurunkan apa yang dikehendaki-Nya dengan ukuran.  Sesungguhnya  Dia  Maha  Mengetahui  hamba-hamba-Nya lagi Maha Melihat.

5. Masmar Salam wave Theory (MST, Emeste).

Untuk waktu, maka ada Salam wave “Seven to nth power of ten Annum Long of Age and Minor cycle”. Untuk space, maka ada wave of MASMAR “Mass Assigned Size in Meter Along the mass Rolling in salam calendar”. Sunatullah = Masmar Salam +/- InsyaAllah.  Sunatulah        =  f(r,t) +/- I (r,t).Bahwa  f(t) = jumlahan sinusoidal fungsi waktu, berpereode 7×10^n tahun, dan fungsi space adalah f(r)=  f(rx,ry,rz), dimana  f(rx) = jumlahan sinusoidal berpereode 7×10^n, untuk n dari -42 hingga +448 meter, dan berupa bola, juga begitulah f(ry), dan f(rz) adalah jumlahan pereode jarak yang exponential.

  1. SAGET.

MST adalah juga SAGET “Simple Algorithm of the Grand Evolution Theory”. Mengacu bahwa dalam satu kata Allah “kun fa ya kun”, maka jadilah alam semesta ini dengan amat kompleks dan rapi, amat besar, berumusan indah sekali.

Visi Salamology adalah Salam, Selamat sejahtera umat dan makluknya. Misi Salamology adalah HARJO BINANGUN “History And Reducrion of Jeopardy effect of Oncoming Orchertras on Breaking plate tectonic on geodynamic, Intensive temperature, Nautical sea level change, Atmospheric hazards, Natural bio-evolution, General economy change, Universal chemistry change, and Natural undefined hazards from four prime energies”.

Telah di buat Kalender Salam, difinisi Gelombang ARIF “Alternating compression-extension Result in Imaging Form of wave”, Kosmos PAKEME+n “Physical Arrangement Knowledge of Ecosystem of Masses to n power”, Struktur SYUKUR “Structural plate Yielded by Unrestedconvection flow and Knowledge of Unifying plates or masses Reference” Flower Structure,  Daftar SLEMAN “Stractigraphy Lecicon in Elevating Mines Nomenclature”,  Rumus SABAR “Sequence Algorithm Beauty Among Realities”, Siklus PANGESTU “Pangea Structural Tectonic Undulation cyce”, SDEKAH “Sunda plate Development Evolution and Kalimantan as Anticlinal center History”, LINDU “Large Intensity of Natural Desaster from Underground” , REDI “Recorded Evolution, Development, and Implication of mountain”, Kurva JAWAH “Jurnal Atmospheric Water Affecting History”, Kurva BERKAH “Broad Estimation Resources as Knowledge of Annual Hydrocarbon discovery”. Dll. Salamology menjawab, memperbaiki antara lain:  Time line, time machine, TOE “Theory Of Everything”, string-theory, super-string theory, dark matter (daerah kosong antar massa pada Gelombang ARIF menempati 96 % ruangan, misal antar level elektron, antar planet, antar “aram galaksi”, antar galaksi pada grup super galaksi), supernova,  GUT “Grand Unified Theory”, Super-GUT, dll. Model James Maxlow “expanding Earth” sejak PermianTriassik, Collins, dll, mendorong dan telah mendapatkan evolusi jari-jari Bumi sejak 4,6 Gaa, hingga kini, dan akan 2,4 Gaf “Giga annum future”. Ini akan untuk mengitung evolusi diameter alam.

 

7. Tujuh (7) Besaran Pokok Fisika:

Intelegensi (kemampuan, kemauan), di usulkan sebagai besaran pokok fisik  ke 7, dengan satuan Unit Kemapuan, setelah di ketahui 6 besaran fisis lainnya dengan satuannya sbb: 1. Waktu, detik, 2. Panjang, meter, 3. Berat, kg, 4. Arus listrik, amper, 5. Medan magnetik, tesla, dan 6, temperatur, Kelvin.

Ada nur, nar, jin, iblis, malakat, surga, neraka, sirotolmustakim, israk-mikroj kecepatan super tinggi, yang melebihi kecepatan cahaya, pertanyaan pada percobaan CERN di Paris, NASA tentang pengembangan alam, dll. Big Bang, 18,6 Gaa, alam sebesar bola tennis berenergi super-tinggi, super-panas, dengan waktu maka di kembangkan yang hingga kini, lalu menurun panasnya, ada materi pre-elementer, nutrino, muon, meson, boson, elektron, nuclei, atom, molekul,gen, virus, sel hidup, lempung, lanau, pasir halus, pasir kasar, kerikil, kerakal, bongkah, planet, matahari, galaksi, alam raya. Tingkat kehidupan (Intelegensi) yang menaik dari nol, dan memerlukan makanan, dari  ukuran virus, gene, sel, prokariote (sel satu), menjadi sel banyak, menjadi tumbuhan sederhana, tumbuhan perdu, pohon. Sebagian menjadi hewan “dabbah”. Ada dabbah berjalan dengan perutnya (misal cacing, ular), berjalan dua kaki, berjalan dengan empat kaki. Ada yang terbang (burung). Dabbah, ikan, mamalia, kuskus, keluarga monyet tua, lalu monyet baru, homo-erectus, homo-habilis, homo-spiens, lalu ada yang bisa mendengar “basyar”, lalu tersempurna adalah insan “manusia”.

Fisi-fusi menjadikan adanya pembelahan, satu menjadi dua. Evolusi, juga indikasikan belahan, satu menjadi relatif konstan sifatnya, dan satunya lagi berkembang, memperbaiki intelegensi dan kemampuan.  Bangsa Indonesia, ada yang mengelompokkan menjadi sbb: regum animalia, phylum  chordata, subphylum vertebrata, klass mamalia, ordo primata, superfamily hominodiae, family hominidae, subfamily homininae, genus homo, spesies homosapiens, subspesies mongolid. Pengelompokan akan terlihat lebih banyak dari pada itu, dan akan sederhana dengan acuan Kalender Salam. Ada perubahan dengan skala Pereode Salam: 7 a, 70 a, 700 a, …., 7 Ga.

8. Qur’an banyak menunjukkan diskripsi  dengan 7 poin.

Sekitar 33 topik telah kami ketahui adanya diskripsi dengan 7 poin dalam Qur’an.  Termasuk, 7 ayat yang di ulang (Al Faatehah), 7 ayat adzan, 7 Allohuakbar dan samiallahuliman hamidah setiap satu ra’kaat sholat, 7 putaran tawaf, 7 sai, 7 lempar jumroh setiap lubang, 70 lemparan jumroh total sekali haji sempurna (Hji Qiran), dll.  Sebagian angka 7 di Qur’an itu ada di lampiran di bawah.  

 

9. FIPA “Fakultas Ilmu Pasti dan Alam” sebagai Fakultas ke 7 di Kampus “Cemara 7” UGM.

Manusia hidup di dunia mempunyai tugas yang sama yakni sebagai khalifah-khalifah di bumi. Ini terlihat juga pada ayat sbb: QS Faathir [35:39]: “Dia-lah yang menjadikan kamu khalifah-khalifah di muka bumi. …” Manusia lahir mendapat pengaruh alam, semua peristiwa alam. Semenjak lahir, maka manusia menggabungkan (“unify”) versi-versi pengetahuan alam. Setiap sa’at akan ada versi baru, dan lalu ada gabungan baru. Sehingga gabungan versi-versinya ( “uni-versi-ti”-nya) akan semakain baik. Dan setiap orang menjadi pengarah (direct-or, yg di singkat menjadi rektor, khalifah) universitas-nya masing-masing. Manusia adalah multi profesi, dan seorang bisa banyak profesi yang menonjol.

Banyak disiplin ilmu, dan Bidang Ilmu Alam, adalah yang paling lebar dan luas dalam mengupas alam untuk mencari di ciptakan kekhalifahan itu. Sejak berdirinya 19 Desember 1949, UGM mempunyai kajian  Bakelorat Ilmu Pasti dan Ilmu Alam pada Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik. Ada enam (6) Fakultas waktu UGM berdiri, yakni :  1. Fakultas Teknik (di dalamnya termasuk Akademi Ilmu Ukur dan Akademi Pendidikan Guru Bagian Ilmu Alam dan Ilmu Pasti); 2. Fakultas Kedokteran (di dalamnya termasuk bagian Farmasi, bagian Kedokteran Gigi dan Akademi Pendidikan Guru bagian Kimia dan ilmu Hayat); 3. Fakultas Pertanian (di dalamya ada Akademi Pertanian dan Kehutanan); 4. Fakultas Kedokteran Hewan; 5. Fakultas Hukum (di dalamnya ada Akademi Keahlian Hukum, Keahlian Ekonomi dan Notariat, Akademi Ilmu Politik dan Akademi Pendidikan Guru Bagian Tatanegara, Ekonomi dan Sosiologi); dan 6. Fakultas Sastra dan Filsafat (di dalamnya ada Akademi Pendidikan Guru bagian Sastra, yang kemudian menjadi Fakultas Sastra, Pedagogik, dan Filsafat).

Lulusan Teknik Sipil HBS Bandung (yang terpaksa ujiannya di Yogjakarta, 1946), dan dosen Fak Teknik yakni Ir. Herman Johanes, di bantu Ir R. Mugiono (Sarjana Technique Delf, Belanda), serta Cumlaude Fisika UI (Cabang Bandung, 1953) Drs. Achmad Baiquni,  Drs. Seno Sastro Amidjoyo, dll, mendirikan Fakultas ke 7 di Kampus “Cemara 7” bernama FIPA “Fakultas Ilmu Pasti Alam” (1955).  Ada dua jurusan di FIPA: 1.Ilmu Pasti, dan 2. Ilmu Alam. Besarnya Ilmu Alam, maka perlu spesifikasi jurusan lagi yakni  jurusan no 3. Kimia, di mulai pada tahun 1961. Ya semua di alam adalah pasti dan tersusun oleh susunan unsur kimia. Di alam ada juga makluk hidup, dan berkembanglah ilmu hidup “hayat” (biologi). Manusia, berinteraksi sebagai makhuk sosial. Ilmu sosial tentu juga bagian ilmu alam. UGM berumur 62 th kini, dengan 18 Fakultas, dan menjadi pendiri perguruan hampir semua di Indonesia. UGM juga menyokong pengetahuan dunia, dalam manusia menjadi khalifah di bumi, mempelajari keindahan alam. Se-alam+logy “Salamology” menyokong amat kuat pemudahan mempelajari keindahan alam yang berevolusi itu. Pengajuan rumusan manusia yg juga pasti mempunyai standar deviasi eror “kesalahan”, maka rumusan perlu tambahan “insya Allah” dan “walaualam bisawab” (hanya Allah yang benar). Energi Intelegensi makluk tersempurna “manusia”, yang dengan waktu, maka memperbaiki yang ada, mengambil yang bagus, membuang yang tidak bagus, untuk selalu memperbaiki “universitas”nya masing-masing, sebagai amalan barunya, sebagai kahalifah “rektor”nya masing-masing universitasnya, guna “modal” mencapai mendapatkan ucapan “salam” di surga.

10. Penutup.

Alhamdulillah, segala puji kepunyaan Allah. Salawat dan salam kepada Nabi Muhammad beserta keluarga dan sahabat, arif-cendekia. Kami berterimakasih kepada semua yang telah membuat salam kepada yang ada semenjak adanya peradaban. Kita tutup dengan doa’ 7 poin, di tulis di ujung Qur’an Surat berdiskripsi utama “Surat Al Baqarah”. QS Al Baqarah [2:286]: Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala  yang diusahakannya dan ia mendapat siksa  yang dikerjakannya. : (1) “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. (2) Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. (3) Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. (4) Beri ma’aflah kami; (5) ampunilah kami; dan (6) rahmatilah kami. (7) Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.” Amin.

Ketua Jurusan Fisika FMIPA UGM Dr. Ari Setiawan, penerima Salam Awards 2007-2012, para dosen Jurusan Fisika UGM, PuRek UI, Keluarga Mas MAR (Bpk. Marto Utomo dan putra-putrinya -menantunya, cucunya ), serta hadirin:   

Terimakasih atas waktunya. Mohon ma’af  atas segala kekilafan kami.

Wass, Maryanto,

Pengusung Salamology.

 

 

 

 

Lampiran-1:

 

Isyarat Dengan Angka Tujuh.

Oleh Maryanto, 9 Maret 2012.

 

1. Tujuh ayat quran yang di ualng-ulang (Al Faatehah)

  • Al Hijir [15: 87] Dan  sesungguhnya Kami telah berikan kepadamu tujuh ayat yang dibaca  berulang-ulang  dan Al Qur’an yang agung.

2. Tujuh putaran tawaf, 7 sa’i, 7 lemparan batu jumroh setiap lubang, 7 x 10 lemparan jumroh untuk Haji Qiran (sempurna, 4 hari), 7 ayat adzan, 7 allahuakbar (+samiallahulimanhamidah) setiap satu rokaat sholat,

3. Tujuh Lapis Langit ( di buat 2 masa siklus & Ga).

  • Fushshilat [14:12] Maka Dia menjadikannya tujuh langit dalam dua masa. Dia mewahyukan pada tiap-tiap langit urusannya. Dan Kami hiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang yang cemerlang dan Kami memeliharanya dengan sebaik-baiknya. Demikianlah ketentuan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui.
  • Al Israa’ [17:44] Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tak ada suatupun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun.
  • Al Mukminuun [23: 17]:Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan di atas kamu tujuh buah jalan ; dan Kami tidaklah lengah terhadap ciptaan.
  • Al Mukminuun [23: 86] Katakanlah: “Siapakah Yang Empunya langit yang tujuh dan Yang Empunya ‘Arsy yang besar?”.
  • Al Mulk [67:3] Yang telah menciptakan tujuh langit berlapis-lapis. Kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang?
  • Nuuh [71:15] Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah menciptakan tujuh langit bertingkat-tingkat?
  • An Naba’ [78:12] dan Kami bina di atas kamu tujuh buah  yang kokoh.

4. Tujuh Lapis Langit, 7 Lapis Bumi.

  • QS Ath Thalaaq [65:12]: Allah-lah yang menciptakan tujuh langit dan seperti itu pula bumi. Perintah Allah berlaku padanya, agar kamu mengetahui bahwasanya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu, dan sesungguhnya Allah ilmu-Nya benar-benar meliputi segala sesuatu.

5. Tujuh Surat, masing-asing 1 ayat, sebut Langit-Bumi di cipta dalam 6 masa. Di tafsirkan bahwa masa itu bersiklus itu 700 Ma. Terbentuk Bumi, dan juga ada Langit, ini setelah Awal Alam “Big Bang” dan 2 masa bersiklus 7 Ga. Big Bang pada 18,6 Gaa “Giga annum ago”, Bumi (Tatasurya) terbentuk pada 4,6 Gaa:

  • Al A’raaf [7:54] Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas ‘Arsy . Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan  matahari, bulan dan bintang-bintang  tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam.
  • Yunus [10:3] Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah Yang menciptakan langit dan  bumi dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas ‘Arsy untuk mengatur segala urusan. Tiada seorangpun yang akan memberi syafa’at kecuali sesudah ada izin-Nya.  yang demikian itulah Allah, Tuhan kamu, maka sembahlah Dia.Maka apakah kamu tidak mengambil pelajaran?
  • Huud [11:7] Dan Dia-lah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, dan adalah singgasana-Nya  di atas air, agar Dia menguji siapakah di antara kamu yang lebih baik amalnya , dan jika kamu berkata : “Sesungguhnya kamu akan dibangkitkan sesudah mati”, niscaya orang-orang yang kafir itu akan berkata: “Ini  tidak lain hanyalah sihir yang nyata”.
  • Al Furqaan [25:59] Yang menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya dalam enam masa, kemudian dia bersemayam di atas Arsy ,  Yang Maha Pemurah, maka tanyakanlah  kepada yang lebih mengetahui  tentang Dia.
  • As Sajdah [32:4] Allah lah yang menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas ‘Arsy . Tidak ada bagi kamu selain dari padaNya seorang penolongpun dan tidak  seorang pemberi syafa’at. Maka apakah kamu tidak memperhatikan?
  • Qaaf [50:38] Dan sesungguhnya telah Kami ciptakan langit dan bumi dan  apa  yang  ada antara  keduanya  dalam  enam  masa,  dan  Kami sedikitpun tidak ditimpa keletihan.
  • Al Hadiid [57:4] Dialah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa: Kemudian Dia bersemayam di atas ‘arsy  Dia mengetahui apa yang masuk ke dalam bumi dan apa yang keluar daripadanya dan apa yang turun dari langit dan apa yang naik kepada-Nya . Dan Dia bersama kamu di mama saja kamu berada. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.

6. Detil (“fushshilat”) 6 masa bersiklus 700 Ma di Bumi, ada kehidupan sejak masa ke tiga (3.2 Gaa mulai ada pokariote).

  • Fushshilat [41:9] Katakanlah: “Sesungguhnya patutkah kamu kafir kepada Yang menciptakan bumi dalam dua masa dan kamu adakan sekutu-sekutu bagiNya?  demikian itu adalah Rabb semesta alam”. [41:10] Dan dia menciptakan di bumi itu gunung-gunung yang kokoh di atasnya. Dia memberkahinya dan Dia menentukan padanya kadar makanan-makanan nya dalam empat masa.  (Itu jawaban) bagi orang-orang yang bertanya.

7.  Ada siklus 7 tahun.

  • Yusuf {12:46}: “Yusuf, hai orang yang amat dipercaya, terangkanlah kepada kami tentang tujuh ekor sapi betina yang gemuk-gemuk yang dimakan oleh tujuh ekor sapi betina yang kurus-kurus dan tujuh bulir  yang hijau dan  lainnya yang kering agar aku kembali kepada orang-orang itu, agar mereka mengetahuinya.” [12:47] Yusuf berkata: “Supaya kamu bertanam tujuh tahun  sebagaimana biasa; maka apa yang kamu tuai hendaklah kamu biarkan dibulirnya kecuali sedikit untuk kamu makan. [12:48] Kemudian sesudah itu akan datang tujuh tahun yang amat sulit, yang menghabiskan apa yang kamu simpan untuk menghadapinya , kecuali sedikit dari  yang kamu simpan. [12:49] Kemudian setelah itu akan datang tahun yang padanya manusia diberi hujan  dan dimasa itu mereka memeras anggur.”

8. Tujuh ratus lipat pahala

  • Al Baqarah [2:261]: Perumpamaan  orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah  adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji.  Allah melipat gandakan  bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas  lagi Maha Mengetahui.

9. Tujuh Kenikmatan dunia, 7 kenikmatan dunia-akherat:

  • QS Ali Imron [3:14-17]: Dijadikan indah pada  manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: ( 1) wanita-wanita, (2) anak-anak, harta yang banyak dari jenis (3) emas, (4) perak, ( 5) kuda pilihan, (6) binatang-binatang ternak  dan (7) Sawah-ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik . Katakanlah: “Inginkah aku kabarkan kepadamu apa yang lebih baik dari yang demikian itu?”. Untuk orang-orang yang bertakwa , pada sisi Tuhan mereka ada surga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai; mereka kekal didalamnya. Dan  isteri-isteri yang disucikan serta keridhaan Allah.  Dan Allah Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya. orang-orang yang berdo’a:  Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami telah beriman, maka (1) ampunilah segala dosa kami dan (2) peliharalah kami dari siksa neraka,” (3) orang-orang yang sabar, (4) yang benar, (5) yang tetap ta’at, (6) yang menafkahkan hartanya ,(7)  dan yang memohon ampun di waktu sahur .

10. Neraka 7 lapis, untuk orang kafir, tak terampuni walau do’a minta ampun 70 kali.

  • Al Hijir [15: 44] Jahannam  itu mempunyai  tujuh  pintu.  Tiap-tiap  pintu  untuk golongan yang tertentu dari mereka.
  • At Taubah [9:80]: Kamu memohonkan ampun bagi mereka atau tidak kamu mohonkan ampun bagi mereka . Kendatipun kamu memohonkan ampun bagi mereka tujuh puluh kali, namun Allah sekali-kali tidak akan memberi ampunan kepada mereka. Yang demikian itu adalah karena mereka kafir kepada Allah dan Rasul-Nya. Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada kaum yang fasik.
  • Al A’raaf [7:155]: Dan Musa memilih tujuh puluh orang dari kaumnya untuk  pada waktu yang telah Kami tentukan. Maka ketika mereka digoncang gempa bumi, Musa berkata: “Ya Tuhanku, kalau Engkau kehendaki, tentulah Engkau membinasakan mereka dan aku sebelum ini.  Apakah Engkau membinasakan kami karena perbuatan orang-orang yang kurang akal di antara kami? Itu hanyalah cobaan dari Engkau, Engkau sesatkan dengan cobaan itu siapa yang Engkau kehendaki dan Engkau beri petunjuk kepada siapa yang Engkau kehendaki . Engkaulah Yang memimpin kami, maka ampunilah kami dan berilah kami rahmat dan Engkaulah Pemberi ampun yang sebaik-baiknya”.
  • Al Haqqah [69: 27-33] Wahai kiranya kematian itulah yang menyelesaikan segala sesuatu. Hartaku sekali-kali tidak memberi manfaat kepadaku. Telah hilang kekuasaanku daripadaku. “Peganglah dia lalu belenggulah tangannya ke lehernya. Kemudian masukkanlah dia ke dalam api neraka yang menyala-nyala. Kemudian belitlah dia dengan rantai yang panjangnya tujuh puluh hasta. Sesungguhnya dia dahulu tidak beriman kepada Allah Yang Maha Besar.
  • Al Haqqah [69:7] yang Allah menimpakan angin itu kepada mereka selama tujuh malam dan delapan hari terus menerus; maka kamu lihat kaum ‘Aad pada waktu itu mati bergelimpangan seakan-akan mereka tunggul pohon kurma yang telah kosong .

11. Air Tujuh laut untuk tinta, maka tak habis ayat Allah.

Lukman [31:27] Dan seandainya pohon-pohon  di  bumi  menjadi  pena  dan  laut ,  ditambahkan  kepadanya  tujuh  laut  sesudah nya, niscaya tidak akan habis-habisnya    kalimat  Allah. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

12.  Manusia tak tahu 100%, maka janganlah bertengkar, kecuali lahirnya saja.

Al Kahfi [18:22] Nanti  mengatakan   adalah tiga orang yang keempat adalah anjingnya, dan  mengatakan: ” adalah lima orang yang keenam adalah anjing nya”, sebagai terkaan terhadap barang yang gaib; dan  mengatakan: ” tujuh orang, yang ke delapan adalah anjingnya”. Katakanlah: “Tuhanku lebih mengetahui jumlah mereka; tidak ada orang yang mengetahui  mereka kecuali sedikit”. Karena itu janganlah kamu  bertengkar tentang hal mereka, kecuali pertengkaran lahir saja dan jangan kamu menanyakan tentang mereka  kepada seorangpun di antara mereka.

Lampiran-2:

Penerima Maryanto’s Salam Awards 2012.

 

Bismillahi rahmanirrohim.

Tiga utama modal masuk surga: 1. Ilmu yang bermanfa’at, harta berguna, dan do’a anak sholeh”. Maryanto’s Salam Awards, merupakan ucapan rasa syukur atas nikmat, termasuk mendapat Salamology, dan penghargaan kepada yang telah membuat “salam-selamat-sejahtera”. 

Hadiah tahunan ini sejak 2007, kini sudah 39 orang penerima, dengan perincian th dan jumlah orangnya berturut-turut, sbb: 2007, 2008, 009, 2010, 2011, 2012 sebagai 2, 2, 7, 14, 7 dan 7. Gelar S1, S2, S3 sbb: 9, 4, dan 26. Profesor 18. Rekor-Purek 8. Bidang: Ilmu Alam (Fisika), Kimia, Mathematika, Filsafat, Astronomi, Geologi, Geofisika, Geodesi, Biologi. Teknologi Pertanian, Farmasi, dan Kedokteran.  

Maryanto’s Salam Awards 2012 di anugerahkan kepada  7 orang, sbb:

1. Dr. rer. nat. Abdul Haris, M.Sc. Dosen Geofisika UI. 

     Masuk Fisika UI 1988, Master UI, Doctor Geofisika University Keil Germany.

2. Dr. Tafikurahman, dosen Biologi, ITB.

     Masuk Biologi ITB 1979, Master ITB, Doctor University Collage Swansea, Inggris.

3. Drs.Sri Pangesti, S.U. Dosen Mathematika, FMIPA UGM.

     Masuk Ilmu Pasti 1957 FIPA UGM, master ITB.

4. Drs. Bambang Purwadi, dosen Fisika, FMIPA, UGM.

    Masuk Ilmu Alam 1957, Ketua Jurusan Elektronika, dll.

5. Prof. Drs. Surya Guritno, M.Stats, Ph.D, dosen Mathematika, FMIPA, UGM.

     Masuk Ilmu Pasti 1967 FIPA UGM, S2 The University of New South Wales, Sydney

     Australia, S3 The University of Connecticut, Storrs, USA, Dekan FIPA.

6. Ir. Priyana, M.Sc., Dosen Kimia, FMIPA, UGM

     Masuk Teknik Kimia, UGM 1961, Master UC, Barkely, Dekan 3 pereode FMIPA.

7. Drs. Mohammad Bunjamin, dosen FIPA UGM, Un. Kebangsaan Malaysia, UI, UnNas.

     Masuk Ilmu Pasti, Fak Teknik UGM, 1954, lulus 1961. Belajar di UC Barkely, USA, dosen FIPA UGM (1961-1970, dosen Universitas Kebangsaan Malaysia (1971-1976), Staff ahli Prof Achmad Baiquni di BATAN Serpong (1977- hingga kini), dosen UI (1977-1998), dosen Universitas Nasional (1977-hingga kini).

 

Lampiran-3:

Ilmu Alam, Mataram, RI, UGM.

Universitas Gadjah Mada berada di Yogyakarta. Kota ini adalah pusat kerajan Mataram , di dirikan oleh Panembahan Senopati th 1582 di Kotagedhe. Mas Jolang raja ke-2 (1601-1613). Raja ke-3, Sultan Agung Hanyokro Kusuma (1614-1645) dan membuat Kalender Jawa pada 1633. Raja ke-4 Amangkurat I (“memangku-alam”), 1646 – 1677. Raja ke-5 Amangkurat II (“memangku-alam), 1677-1755. Dengan Perjanjian Gianti 1755, Mataram di bagi dua yakni Kerajaan  Surakarta dengan raja Paku Buwana (“paku alam”), dan Kerajaan Mataram oleh Hamengku Buwana “HB” (“memangku alam”). Pusat awal Mataram semula di Gamping, seaktu untuk membangun kota Mataram “Ngayodyakarta Hadiningrat” (Ayodya negara makmur pada hikayat Ramayana, karta=tenteram, hadi=bagus, ningrat=kasta agung).  HB VI membangun peristirahatan “Pesangrahan di Pakem” sekitar th 1880, yang lalu di serahkan kepada putranya Pangeran Mangkubumi.  Pangran ini menyokong pendidikan (1.  Sanggrahan untuk Yayasan Hamong Putra di Pakem, 2.Kompleks Jetis untuk “Prince Yuliana School”, lalu menjadi gedung awal Teknik UGM, Sekolah Teknik Jetis, dan 3. Gedung Mangkubumi untuk awal kuliah Kedokteran dan Rumah Sakit UGM). Sanggrahan itulah awal  kota Kecamatan Pakem sebagai kota tertua di Kabupaten Sleman. Pesanggrahan ( “istana untuk rekreasi, “re-creation” – santai dan mungkin membuat hal baru), ini dengan  “tonil” gedung pertunjukan kesenian  menghasilkan pakem pewayangan . Bawa 70 % dari 100’an judul pakem pewayangannya di Sono Budoyo kini, adalah dengan kata “pakem”.  Garwo Permaisuri (“istri utama”) raja, ya Ibunda HB-IX, banyak tinggal di Pesanggrahan ini. HB IX, menjadi tokoh utama penebaran ilmu Indonesia, tokoh kemerdekaan RI, penyedia utama awal gedung UGM, menghibahkan 350 ha tanah untuk UGM (juga UNY).  

Waktu RI merdeka 17 Agustus 1945, Mataram adalah kerajaan merdeka, yang bukan jajahan Belanda. HB IX lalu mengucapkan bergabung dengan RI. Serangan Sekutu dan NICA, menjadikan pusat RI yang di Jakarta di pindah ke Yogyakarta sejak 4 Januari 1946.

Ada tujuh (7) orang utama pada rapat di Gedung SMT Kotabaru, 24 Januari 1946, pada komitmen pendidikan RI, yakni : Mr. Boediarto, Ir. Marsito, Prof. Dr. Prijono, Mr. Soenarjo, Dr. Soleiman, Dr. Buntaran, Dr. Soeharto. Mereka bermaksud mendirikan Balai Perguruan Tinggi Swasta di Yogyakarta.  Ada banyak perguruan tinggi lahir hingg th 1948, yang pada agresi ke-II, semuanya di tutup dan semua berjuang. Universitas Gadjah Mada merupakan gabungan tujuh (7) perguruan Tinggi di Surakarta, Klaten, dan Yogyakarta, sbb:

  1. 17 Februari 1946, Sekolah Tinggi Teknik (STT) Bandung pindah ke Yogyakarta, dengan para pengajarnya antara lain Prof. Ir. Rooseno dan Prof. Ir. Wreksodhiningrat.
  2. 5 Maret 1946, berdiri Perguruan Tinggi Kedokteran, di Klaten sebagai pindahan Institut Pasteur di Bandung  (beridiri 1 September 1945), dengan laboratorium di Rumah Sakit Tegalyoso, oleh pemindah utamanya adalah Prof. Dr. M. Sardjito. Awal 1948, berdiri Fakultas Kedokteran Gigi.
  3. 20 September 1946, berdiri Sekolah Tinggi Kedokteran Hewan, di Klaten
  4. 27 September 1946 berdiri Sekolah Tinggi Farmasi,  di Klaten.
  5. 27 September 1946 berdiri Perguruan Tinggi Pertanian, di Klaten.
  6. Awal Mei 1948, berdiri Akademi Ilmu Politik di Yogyakarta atas usul Kementerian Dalam Negeri.
  7. 1 November 1948 Berdiri Balai Pendidikan Ahli Hukum di Surakarta,  yang lalu menjadi Balai Pendidikan Ahli Hukum ke dalam Sekolah Tinggi Hukum Negeri, oleh Panitia Pendirian Perguruan Tinggi Swasta di Surakarta, yaitu Drs. Notonagoro, S.H., Koesoemadi, S.H. dan Hardjono, S.H.

Penggabungan itu dimulai dengan rapat Panitia Perguruan Tinggi, di Pendopo Kepatihan Yogyakarta tgl 20 Mei 1949, yang dipimpin oleh Prof. Dr. Soetopo, dengan anggota rapat  7 orang diantaranya:  1. Sri Sultan Hamengkubuwono IX,  2. Prof. Dr. M. Sardjito, 3. Prof. Dr. Prijono, 4. Prof. Ir. Wreksodhiningrat, 5. Prof. Ir. Harjono, 6. Prof. Sugardo dan 7. Slamet Soetikno, S.H. Salah satu hasil rapat adalah pendirian perguruan kembali di wilayah republik yang masih tersisa, yaitu Yogyakarta. Sri Sultan Hamengkubuwono IX bersedia meminjamkan ruangan keraton dan beberapa gedung di sekitarnya, dan malah menyediakan 350 ha tanah untuk UGM. 1 November 1949, di Kompleks Peguruan Tinggi Kadipaten, Yogyakarta, berdiri kembali Fakultas Kedokteran Gigi dan Farmasi, Fakultas Pertanian dan Fakultas Kedokteran. Pembukaan ketiga fakultas ini dihadiri oleh Presiden Soekarno. 2 November 1949, Fakultas Teknik, Akademi Ilmu Politik serta Fakultas Hukum dan Fakultas Kesusasteraan yang berada di bawah naungan Yayasan Balai Perguruan Tinggi Gadjah Mada ikut diresmikan. 3 Desember 1949 dibuka Fakultas Hukum di Yogyakarta dengan pimpinan Prof. Drs. Notonagoro, S.H.. Fakultas ini merupakan pindahan Sekolah Tinggi Hukum Negeri Solo.

Akhirnya, 19 Desember 1949, lahirlah Universitas Gadjah Mada dengan enam fakultas, yakni:  

(1)   Fakultas Teknik (di dalamnya termasuk Akademi Ilmu Ukur dan Akademi Pendidikan Guru Bagian Ilmu Alam dan Ilmu Pasti);

(2)   Fakultas Kedokteran (di dalamnya termasuk bagian Farmasi, bagian Kedokteran Gigi dan Akademi Pendidikan Guru bagian Kimia dan ilmu Hayat);

(3)   Fakultas Pertanian (di dalamya ada Akademi Pertanian dan Kehutanan);

(4)   Fakultas Kedokteran Hewan;

(5)   Fakultas Hukum (di dalamnya ada Akademi Keahlian Hukum, Keahlian Ekonomi dan Notariat, Akademi Ilmu Politik dan Akademi Pendidikan Guru Bagian Tatanegara, Ekonomi dan Sosiologi); dan

(6)   Fakultas Sastra dan Filsafat (di dalamnya ada Akademi Pendidikan Guru bagian Sastra, yang kemudian menjadi Fakultas Sastra, Pedagogik, dan Filsafat).

Tahun 1952 Fakultas Hukum, Sosial dan Politik ditambah dengan bagian ekonomi sehingga menjadi Fakultas “HESP” Hukum, Ekonomi, Sosial dan Politik). Pada bulan September 1952 Fakultas Pertanian ditambah dengan Bagian Kehutanan, sehingga menjadi Fakultas Pertanian dan Kehutanan.

Pada September 1955, muncul 7 Fakultas sebagai pengembangan Bagian pada ke-6 Fakultas, yakni:

  • Fakultas ke-7: FIPA “Fakultas Ilmu Pasti dan Alam” pengembangan dari tingkat pengajaran Bakaloreat Ilmu Pasti dan Bakaloreat Ilmu Alam pada Bagian Sipil, Fakultas Teknik. Lalu Fakultas teknik berkuranglah bagian Ilmu Pasti dan Ilmu Alam.
  •  Fakultas ke-8: Fakultas Farmasi, adalah dari Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, dan Farmasi. Lalu sebagiannya menjadi Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi.
  •  Fakultas ke-9: Fakultas Biologi sebagai pengembangan Bagian Bakaloreat Biologi Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, dan Farmasi.
  • Fakultas ke-10 : Fakultas Ekonomi, pengembangan dari Jurusan Ekonmomi pada Fakultas “HESP”
  • Fakultas ke-11 : Fakultas Sosial dan Politik, sebagai pengembangan dari Jurusan Sosial dan Politik pada Fakultas HESP.
  • Fakultas ke-12 : Fakultas Sastra dan Kebudayaan, dari Fak Sastra, Pedagogik, dan Filsafat.
  • Fakultas ke-13: Fakultas Ilmu Pendidikan dari Fak Sastra, Pedagogik, dan Filsafat. Fakultas Ilmu Pendidikan mempunyai dua bagian yaitu Bagian Pendidikan dan Bagian Pendidikan Jasmani. Lalu sisanya menjadi Fakultas Filsafat. Fakultas Ilmu Pendidikan Fakultas Kedokteran Hewan di ubah namanya menjadi Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan.
  • Pada tahun 1960 Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi dipisahkan menjadi Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi (Fakultas ke-14).
  • Pada tahun 1962 Bagian Pendidikan Jasmani dari Fakultas Ilmu Pendidikan ditingkatkan menjadi Fakultas Pendidikan Jasmani. Fakultas ini diserahkan pada Departemen Olah Raga pada tahun 1963 dan menjadi Sekolah Tinggi Olah Raga (STO).
  • Untuk memberikan pendidikan umum yang kuat bagi semua Fakultas, didirikan pula Fakultas Umum, dan digabungkan dengan Fakultas Filsafat menjadi Gabungan Fakultas Umum dan Fakultas Filsafat. Pada tahun 1961 Fakultas Filsafat dibubarkan dan pada tahun 1962 Fakultas Umum juga dibubarkan. Sebagai penggantinya tahun 1963 didirikan Biro Penyelenggara Kuliah-Kuliah khusus untuk melaksanakan tugas yang semula menjadi tugas gabungan Fakultas Umum dan Fakultas Filsafat. Namun pada tanggal 18 Agustus 1967 Fakultas Filsafat didirikan kembali dan pada tahun 1969 Biro Penyelenggara Kuliah-Kuliah khusus dimasukkan dalam Fakultas Filsafat sebagai Biro Penyelenggara Kuliah-Kuliah Agama.
  • Pada tahun 1963 Bagian Kehutanan Fakultas Pertanian ditingkatkan menjadi Fakultas Kehutanan (Fakultas ke-15). Seksi teknologi dan seksi kultur teknik menjadi Fakultas Teknologi Pertanian (Fakultas ke-16). Pada tahun itu pula Jurusan Geografi pada Fakultas Sastra dan Kebudayaan ditingkatkan menjadi Fakultas Geografi (Fakultas ke 17)
  • Jurusan Psikologi pada FIP menjadi Bagian Psikologi yang kemudian pada tanggal 8 Januari 1965 menjadi Fakultas Psikologi (Fakultas ke 18).
  • UGM berkurang satu Fakultas menjadi hanya 17 Fakultas atas FIP menjadi IKIP th 1964.
  • Pada tahun 1969 Fakultas ke-18 lahir yaitu Fakultas Peternakan yang merupakan peningkatan Bagian Peternakan Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan.
  • Semenjak tahun 1983 Universitas Gadjah Mada memiliki 18 Fakultas Program Sarjana, dua Fakultas Program Diploma (Fakultas Non Gelar Ekonomi dan Fakultas Non Gelar Teknologi) dan satu Fakultas Pascasarjana (Magister dan Doktor). Awal tahun 1992 terjadi penyederhanaan jumlah fakultas, Fakultas Pascasarjana diubah menjadi Program Pascasarjana, sedangkan Fakultas Non Gelar Ekonomi diintegrasikan ke Fakultas Ekonomi dan Fakultas Non Gelar Teknologi diintegrasikan ke Fakultas Teknik.

Referensi:

Web UGM, Wikipedia, Sanggar ilmu, dll.

Penulis:

Drs. Maryanto, M.T, lahir di Dusun Sempol, Harjo Binangun, Pakem, Sleman Yogyakarta, 1959.  Urutannya Drs. Maryanto, M.T (no 4 dari 7 bersaudara),  bin H. Marto Utomo (no 1 dari 7 bersaudara), bin Djojo Dihardjo (no 2 dari 7 bersaudara), bin Soma Prawiro (no1 dari 7 bersaudara), bin Haji Abdul Gani.  Semua bernama tadi tinggal di Sempol. Sempol adalah nama lain bunga teratai, yakni bunga terbaik untuk persembahan kepada dewa pada falsafah Hindu-Budha. Haji Abdul Gani adalah haji pertama kabupaten Sleman, dilaksanakan th 1900’an, adalah Jama’ah utama masdjid Sanggrahan Kraton Mataram di Pakem. Terinspirasi banyak orang yang telah membuat salam, Maryanto, sebagai orang “kebanyakan”, berusaha berterimakasih kepada mereka, juga sudah dengan 39 Salam Awards, menulis pakem evolusi alam berjudul “Salamology”.  Semoga Allah selalu memberkahi kita.

Advertisements


No Responses Yet to “Salam Awards 2012”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: